Kamis, 31 Desember 2009

31 Desember 2009

Ini hari terakhir di tahun 2009. Besok kalender sudah berganti. Tapi jujur saya malah belum menyiapkan kalender. Biasanya rekanan kantor ada saja yang memberikannya pada saya. Ooohhh baru ingat.... tempo hari seorang teman memberikan file kalender 2010 lewat e-mail. Cuma saya belum mencetaknya.

Ehmmmm ...2009 sebentar lagi lewat. Kemarin Gur Dur menandai akhir tahun ini dengan menghembuskan nafas terakhirnya. Selamat jalan Gus, semoga 'jalanmu' terang di sana. Amin. Hari ini hiruk pikuk negeri ini terutama di Jakarta dan Jombang karena urusan pemakaman Gus Dur. Penghormatan terakhir untuk seorang yang mencetuskan frasa 'gitu aja kok repot'. Ahhhhh .... sungguh Gus Dur dalam benak saya adalah selalu Gus Dur yang 'gitu aja kok repot', sementara tadi malam banyak orang tampil di televisi dengan deskripsi masing-masing tentang seorang kharismatik itu.

Banyak yang terjadi di negeri ini selama 2009. Ada dua kali Pemilu dengan segala kericuhannya hingga pelantikan pemenangnya. Ada gempa dan banjir. Ada bom di Jakarta yang membuat rombongan MU batal datang. Ada serentetan operasi terhadap mereka yang disebut sebagai teroris, lengkap dengan siaran langsung drama penggerebekannya. Ada pertarungan sengit antara cicak dan buaya. Ada pemunculan para makelar kasus yang ternyata lebih sakti daripada penegak hukumnya sendiri. Ada gonjang-ganjing uang Century. Ada rentetan kasus pembunuhan seorang Nasrudin yang menyeret beberapa pejabat negara. Ada masalah Prita lengkap dengan fenomena pengumpulan koinnya. Ada Luna Maya yang dimurka wartawan karena status di Twitternya. Ada sidang-sidang terhadap pencuri coklat dan semangka yang putusannya dirasa tak memenuhi rasa keadilan. Pnerbitan buku George Junus Adhiconndro yang menghebohkan seperti biasanya..... ehmmmmm ada banyak yang terjadi di negara ini.....

Lalu apa yang terjadi pada hidup saya selama 2009? Ahahhahahaha ..... penting enggak sihhhhhhh membuat tulisan tentang hidup saya disini? Karena saya yang menulis maka biarlah saya yang menjawabnya. Jawabannya : PENTING. Ahahhahaha ......

Ehmmmm .... di 2009, ada sebuah tulisan saya yang dimuat di sebuah media. Sebuah, tapi ini sangat menyenangkan karena ini tulisan terpanjang yang pernah dimuat di media. Dan sampai sekarang saya kadang-kadang masih membuka situs media tsb hanya untuk membaca nama saya disana. Jiahhhhhh ......

Laluuuuuu .... ada hobi baru saya di tahun ini : merajut. Nahhhh hobi baru ini cukup fenomenal bagi saya karena dulu-dulu tak pernah terbayangkan saya bisa melakukan pekerjaan tangan yang disebut merajut. Karena saya bukanlah termasuk dalam golongan mereka yang sabar dan telaten. Saya kebalikan dari mereka, alias temperamental. Jadi begitu berhasil bisa merajut wooowww... saya jadi sangat heran bisa melakoni duduk bersandar berkutat dengan haken dan benang. Sekarang malah saya berani menawarkan jasa. Tapiiii jangan salah, untuk yang terakhir ini saya melakukannya karena menemukan teman-teman yang lebih pintar merajut dibanding saya. Jadi coba tebak siapa yang akan saya andalkan jika orderan rajutan benar-benar datang? :D

Kemudian ada Azza Moslem Wear. Ini adalah satu upaya untuk mewujudkan mimpi untuk berdiri di atas kaki sendiri .. hehheehehhe .... Embrio yang merupakan hasil kerjasama dengan seorang sahabat. Saya menanamkan banyak harapan pada embrio ini. Juga banyak belajar untuk bisa terus membesarkannya. Juga satu langkah untuk membuat embrio yang lain nantinya, insyaallah ....

Dan satu keajaiban terjadi di tahun 2009 yang berupa saya akhirnya benar-benar ikut kursus menjahit. Ahahaahahah ..... bagi kebanyakan orang mungkin hal ini sesuatu yang biasa saja. Tapi bagi saya ini satu hal besar. Alasannya adalah lagi-lagi saya bukan orang sabar dan telaten yang cocok untuk kegiatan semacam ini. Tapi sungguh saya sudah menyimpan keinginan ini dari beberapa tahun lampau. Dan ini juga jadi salah satu langkah pendukung untuk cita-cita bisa berdiri di kaki sendiri. Jadiiii.... jangan kaget jika nanti beberapa bulan ke depan ada blog baru dengan judul ina dress maker atau ina tailor atau semacamnya .... ahhahahaha .... serius iniiiii ....

Satu lagi keajaiban terjadi dalam hidup saya tahun ini. Yaitu hijrahnya saya dari ina yang selalu memakai celana panjang menjadi ina yang memakai rok .....hehehhehehe ..... Sungguh seorang sahabat berjasa besar dalam hal ini karena dialah yang memberi inspirasi dan dorongan kuat. Dan jadilah sejak Ramadan kemarin saya memutuskan menanggalkan celana-celana saya dan menggantinya dengan rok panjang. Ehmmmm ... tentu saja awalnya menuai banyak komentar juga rasa canggung. Tapi persis sesuai kata teman saya, semuanya itu cuma akan sementara dan paling-paling hanya dalam hitungan hari saja. Dannnnnnn .... dradraaaaaaaaa..... sekarang saya sudah mulai merasakan nyamannya menjadi perempuan dengan pakaian perempuan.... hahhahahaha....

Nahhh... 31 Desember sekarang. Di luar saya lihat beberapa orang mulai beranjak keluar rumah yang mestinya untuk perayaan tahun baru Masehi ini. Ada juga anak kecil yang sudah meniup terompetnya. Sebentar lagi jalan-jalan akan ramai. Beberapa tahun yang lalu saya pernah keluar rumah dengan teman di malam tahun baru seperti ini. Niatnya sebenarnya adalah melihat Surabaya di malam pergantian tahun. Tapi ternyata kami tak bisa banyak bergerak karena jalan jadi sangat padat dan akhirnya menyerah dengan memilih masuk ke sebuah resto cepat saji dan tinggal di sana sampai keramaian itu reda. Malam ini mungkin akan terjadi keramaian yang kurang lebih sama dengan keramaian tahun-tahun lalu. Apalagi hujan sepertinya tidak akan turun. Mungkin nanti orang-orang di kampung saya akan keluar, menggelar tikar di depan rumah dan berbincang dengan para tetangga sambil mengudap ini itu. Yaaaa... perayaan malam tahun baru Masehi saya rasa tidak terlalu berbeda dari tahun ke tahun. Tidak pula mengejutkan. Justru yang banyak mengejutkan adalah apa yang terjadi di hari-hari sesudahnya .......

Tidak ada komentar: